Usai Diisolasi, 53 Tenaga Medis RSUP Dr Sardjito Negatif Covid-19

SLEMAN kacau Sebanyak 53 tenaga kesehatan RSUP Dr Sardjito, dipastikan bebas Covid-19 setelah hasil tes swab atau usap tenggorok keluar, Kamis (30/4/2020) hari ini. Sebelumnya, nakes kudu menjalani isolasi mandiri dan tes usap tenggorok setelah satu anak obat ditangani tertular sang suami yang juga sempat beberapa hari mengawasi di rumah sakit.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengungkap seluruh hasil uji swab sudah keluar Kamis suangi ini. 53 nakes dipastikan negatif Covid-19 dan akan kembali berjalan seperti biasanya karena terbukti tak tertular dari pasien yang ditangani.

“Sebelumnya, pada Rabu (29/04/2020) sore kami telah dapatkan hasil tes 41 nakes terdiri dari dokter spesialis dan dokter peserta didik yang segenap negatif. Malam ini pukul 19. 00 WIB kami mendapatkan hasil dari 12 nakes yang asing, dengan hasil juga negatif, ” ungkap Banu, Kamis (30/04/2020).

 

Diakui Banu, para tenaga kesehatan sebelumnya memang mengenakan APD kaki untuk menangani pasien sebagai cara pencegahan. Sardjito juga telah menerapkan perbedaan jalur pemeriksaan bagi penderita termasuk adanya screening awal.

“Tenaga kesehatan awak menggunakan APD dan menerapkan penopang sterilisasi meski bukan di tempat isolasi. Uji swab tetap saya lakukan sebagai upaya memutus gegabah rantai penyebaran Covid-19, ” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Sardjito berharap agar para penderita jujur terhadap kondisi yang pantas dihadapi termasuk riwayat kontak atau bepergian. Di sisi lain, awak medis juga berharap agar umum tak membubuhkan stigma negatif di penderita Covid-19 sehingga mereka tidak menutupi atau justru tidak benar.

(wal)