Update Kasus Positif Corona di Papua, Hari Ini Bertambah 18 Orang

JAYAPURA – Kasus positif Covid-19 di Provinsi Papua terus mengalami lonjakan. Hari ini, sesuai data tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua terdapat 18 kasus baru.

Atas tambahan peristiwa baru tersebut, total kasus Komulatif positif Covid-19 Provinsi Papua berjumlah 752 orang. Dengan rincian 525 orang dalam perawatan, 216 orang sembuh dan 11 orang wafat dunia.

Pakar bicara Satgas Pencegahan dan Pengerjaan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengungkap 18 kasus baru membangun Covid-19 tersebut berasal dari Tanah air Jayapura sebanyak 17 kasus dan Kabupaten Jayawijaya sebanyak 1 kasus.

“Khusus untuk Jayawijaya setelah sekian lama kita lakukan upaya pencegahan dan penanganan, baru kali ini ada penambahan kasus. Sekitar 28 hari tak ada kasus, ” kata dr. Silwanus saat menggelar rilis dalam posko tim Satgas Pencegahan serta Penanganan Covid-19 Papua di plataran kantor BPBD Papua, Sabtu (30/5/2020) malam.

Sementara data Kabupaten Kota terdampak Covid-19 hingga hari ini tertinggi adalah Kota Jayapura, dengan jumlah kasus sebanyak 349 orang dengan penambahan 5 kasus ABK Pesawat PELNI.

Dari data tersebut, sebanyak 302 karakter sementara dirawat, sembuh 41 karakter dan pasien yang meninggal dunia terbanyak yakni 6 orang.

Pihaknya juga menekankan tambahan 1 kasus di Kabupaten Jayawijaya, sehingga total kasus mematok hari ini sebanyak 8 peristiwa, 3 dirawat dan 5 segar.

“Kami harap Pemda Jayawijaya untuk tetap menetapkan protokol kesehatan dilakukan baik, dan tim media untuk melakukan tracing kepada 39 ODP untuk segera di Rapid Test, agar segera dilakukan langkah selanjutnya, ” cakap dr. Silwanus.

Baca Juga:   Update Covid-19 30 Mei: Penderita Sembuh Pecahkan Rekor dengan 523 Orang

Pihaknya juga tahu semua Pemda di Papua untuk selalu melakukan protokol kesehatan untuk menekan angka kasus positif yang terus bertambah.

“Kita akan terus melakukan langkah-langkah besar untuk melakukan pencegahan & penanganan covid-19 di Provinsi Papua ini. Kita harus selalu mengingatkan masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, menggunakan masker saat muncul rumah, menjaga social dan physical distancing biar kita terhindar dari Covid-19. Ko terbuka saya, saya jaga ko , kita semua aman, “tutupnya.

(aky)