Serahkan Bantuan Rp1 M buat Korban Banjir Bandang NTT, Ridwan Kamil: Ini Suruhan Warga Jabar

KUPANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Lengkap menyerahkan sandaran Rp1 miliar dari Pemprov Jabar kepada warga yang terdampak bencana alam banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kang Emil -sapaan akrabnya- mengatakan bahwa kedatangannya ke Kupang untuk menunjukkan simpati sebagai sesama anak keturunan, khususnya kepada korban kematian NTT.

“Hari ini kami angkat bantuan sebesar Rp1 M. Kalau kurang nanti kita koordinasi (mencari tambahan). Sapa yang keadaannya lebih molek tentu membantu mereka yang sedang berkesusahan, ” ujarnya, Sabtu (1/5/2021).

Dia menerangkan bahwa klub Jabar mencintai dan berduka atas musibah yang menimpa saudara mereka di NTT. “Saya terbang jauh daripada Bandung ingin menitipkan instruksi dari rakyat Jabar sebab kami sangat mencintai NTT. Jadi, pada saat mengikuti ada kebencanaan kami selalu sangat sedih, ” tuturnya.

Baca serupa:   Ridwan Kamil Mendinginkan Anak-anak Korban Banjir Bandang NTT dengan Bernyanyi

Kang Emil berharap, bantuan yang disampaikannya sanggup meringankan beban dan membawa sedikit kebahagiaan bagi target longsor, terutama di bulan suci Ramadhan ini.

Baca juga:   Ridwan Kamil Terbitkan SE Pengendalian Aktivitas Masyarakat Batasi Mobilitas Antardaerah

“Mudah-mudahan ini menjadi sifat sila ketiga kita, Persekutuan Indonesia. Kalau warga NTT bahagia, kami bahagia. Awak NTT lagi susah, awak juga ikut susah, ” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Kang Emil menyempatkan diri mengunjungi posko pengungsi di Kampung Amanuban, Kelurahan/Kecamatan Oebofu, Kota Ketepeng. Pengungsi merupakan korban angin besar siklon tropis seroja dengan terjadi beberapa waktu morat-marit.

Kang Emil berjalan kaki menyusuri sejumlah titik terdampak banjir serta longsor akibat badai itu, mulai dari jalan dengan retak dan rusak berat, rumah dan bangunan yang runtuh, tempat pengungsian, datang sekolah darurat.

Di posko pengungsian, tempat sempat bercakap-cakap dengan bangsa setempat yang berbagi rencana mengenai peristiwa bencana mengerikan tersebut. Kang Emil bercengkerama dengan warga sambil bernyanyi bersama lagu Halo-halo Bandung.

Di madrasah darurat, Kang Emil pula sempat membuat kuis dadakan untuk anak-anak. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan langsung diberi cokelat.

Warga pun menyambut molek kedatangan Kang Emil bersama-sama romongan Pemda Provinsi Mencuraikan. Meski baru pertama kala bertemu, warga tak angkat memberi salam dari jauh dan melambaikan tangan pada Kang Emil.

Ketua Pengungsi Posko Mulia Korban Longsor NTT, Yuliana mengucapkan apresiasi kepada Pemda Provinsi Jabar serta Ujung Emil karena peduli pada masyarakat NTT yang terdampak bencana.

“Terima kasih (atas bantuannya). Saya sangat terharu, (Gubernur) hadir jauh dari sebrang (Bandung) menyempatkan mengunjungi kami. Terima kasih atas dukungannya, ” kata Yuliana.

(fkh)