Sedang! Konsumen Ribut Sama Kurir karena Tolak Bayar COD Viral di Medsos

MANADO – Kasus konsumen tolak membayar barang online via COD (cash on delivery atau bayar di tempat) kembali terjadi. Sebelumnya seorang pembeli di Jambi menolak membayar kepada suruhan karena barang yang diterimanya tidak sesuai pesanan.

  (Baca pula : Mengenal Emmy Hafild, Pejuang Lingkungan yang Keras Menentang Soeharto )

Kejadian serupa juga kembali terjadi di Sulawesi Utara, ketika seorang konsumen adu lagak dengan kurir yang mengantarkan pesanan COD. Dalam video viral yang beredar pada media sosial, terlihat adam berbaju kuning beradu menduri dengan kurir lantaran paket barang yang diterima tak sesuai.

Tersedia dua video yang berputar di media sosial, gambar pertama terlihat sebuah paket yang kotaknya sudah pada kondisi robek. Terdengar perkataan seorang kurir yang bertanya kepada lelaki berbaju pelit apakah mau membayar bahan pesanannya.

“Bapak mo bayar nda, mo bayar nda (bapak bakal bayar atau tidak, suka bayat atau tidak), ” ujar kurir dalam gambar tersebut dikutip Sabtu (3/7/2021).

Lelaki berbaju kuning itu kemudian menyambut tidak akan membayar barang pesanan yang nampak di video itu merupakan cocok sepatu berwarna hitam.

(Baca juga: PPKM Darurat, Medan Bulungan hingga Danau Sunter Dijaga Ketat Polisi )

“Kalau nda ada doi nda usah ba pesan pak, masa kong so aktif kong nda mo ambe lagi (Kalau tidak tersedia uang tidak usah pesan pak, masa sudah dibuka terus tidak mau bayar lagi), ” kata suruhan itu lagi.

“Oh nda, kita nda mo ambe, nda sesuai (oh tidak, saya tak mau ambil, tidak sesuai), ” kata lelaki berbaju kuning dalam video itu.

Sang suruhan kemudian berkata kalau bahan yanh dipesan tidak pantas komplainnya kepada pengirim, tidak kepada kurir.

Lelaki itu kemudian mengaku sudah melakukan komplain kepada pengirim dan dia tak mau membayar dan menerima barang yang sudah dipesannya itu.

“Makanya kalo nda ada doi nda usah ba pesan pak (makanya kalau tak ada uang tidak perlu pesan pak, ” ucap kurir itu

Di video kedua tampak lelaki tersebut marah serta bertanya kepada kurir kalau lelaki itu merasa dirugikan atau tidak namun kurir itu berkata tidak bakal menjawab pertanyaan dar konsumen itu

“Kalau ngana tidak mau berat bawa jo ini barang kita nimau bayar (kalau kamu tidak mau berat ya bawa saja tersebut barang, saya tidak bersetuju bayar, ” kata konsumen itu dengan nada makan