PKPU Protokol Kesehatan Pilkada 2020 Resmi Diundangkan

JAKARTA semrawut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 saat kondisi bencana non-alam akhirnya telah diundangkan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Pokok Manusia (Kemenkumham) sebagai PKPU Nomor 6 Tahun 2020.

Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan bahwa draf PKPU itu telah diundangkan Kemenkumham pada Selasa 7 Juli kemarin.

“Dan juga sudah di-upload ke dalam JDIH (jaringan dokumentasi & informasi hukum), ” katanya era dikonfirmasi wartawan, Kamis (9/7/2020).

Dia menyebut tersedia sejumlah pasal yang tertuang di dalam PKPU No. 6 Tahun 2020 ini yang berubah dari rencana sebelumnya. Perubahan itu terjadi setelah pemerintah melakukan sejumlah rangkaian uraian sebelum sebuah peraturan diundangkan.

“Ada kira-kira hal penting yang disesuaikan sesudah melalui focus group discussion, tes publik, konsultasi, dan harmonisasi, ” ujarnya.

Dengan diundangkannya PKPU ini, langkah selanjutnya KPU akan segera menyosialisasikan kaidah ini kepada KPU di kawasan. Tak hanya kepada jajaran dalam bawahnya, KPU juga akan mengabulkan hal yang sama kepada segenap pihak terkait Pilkada 2020.

(kha)

Loading…