Pesawat Perang Canggih Buatan Inggris Akan Dibangun di Nusantara

INGGRIS – Indonesia dan Inggris menegaskan komitmen , mengecap saling percaya, dan kecocokan visi untuk masa depan yang aman dengan navigasi laut yang bebas sebagai intinya. Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris, RT. Hon Ben Wallace MP dengan telah menandatangani perjanjian itu di London pada Kamis (16/9) pukul 21. 00 waktu setempat.

Angkatan laut kedua negeri akan segera mengoperasikan fregat yang sama – sebuah tipe kapal perang dengan dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Sektor pabrik telah mendorong kerjasama ini. Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan yang berbasis di Inggris, akan ‘memulai proses pembuatan kapal” minggu depan dan mulai membentuk desain fregat Arrowhead 140 (AH140) yang canggih buat Angkatan Laut Inggris dalam Skotlandia.

(Baca juga: Menhan Australia Kunjungi Indonesia, Prabowo: Pererat Kerjasama Pertahanan dan Kesehatan)

Keadaan ini Babcock menyetujui kata sepakat lisensi untuk PT PAL Indonesia (Persero), Badan Usaha Milik Negara yang membikin dan memelihara kapal buat penggunaan militer dan komersial yang berbasis di Surabaya – untuk memproduksi pesawat tersebut di Indonesia serta akan dikerjakan oleh “tangan-tangan” Indonesia, dengan desain istimewa serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia.

Nantinya, kedua Angkatan Laut akan mempunyai kapal yang sama – dimodifikasi sesuai dengan hajat masing-masing – sehingga bisa memudahkan latihan dan koneksi. Ini adalah perjanjian prima dari jenisnya untuk kapal tersebut, meskipun negara-negara lain kemungkinan akan mengikutinya – dengan negara lain telah memilih kapal tersebut sebagai pilihan dalam proses logistik untuk Angkatan Laut itu sendiri.

  (Baca juga: Inggris Akan Bekerja Sama secara Taliban Jika Kuasai Afghanistan)