Perkiraan Karhutla, Polda Kalsel Gencarkan Patroli Hutan

JAKARTA kepala Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Nico Afinta memerintahkan anak buahnya untuk rutin menggelar patroli alas. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kerap melanda daerah Kalimantan Selatan.

“Kami menghimbau kepada seluruh personil Polri dari tingkat Polda, Polres dan Polsek jajaran untuk kala melakukan patroli antisipasi Karhutla. Saya juga mengimbau untuk melakukan perondaan hutan dan lahan agar kebakaran tidak terjadi di wilayah lembaga Polda Kalsel, ” kata Nico melalui pesan singkatnya, Rabu (5/8/2020).

Selain itu, sambung Nico, Polda Kalsel juga telah menggelar tiruan penanganan Karhutla 2020. Simulasi pengerjaan Karhutla dilakukan di mawasan Guntung Damar, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Menurut Nico, simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam kerangka penanggulangan Karhutla secara proporsional dan profesional antar semua elemen.

Semua jenis bahaya, kata Nico, dapat dikatakan penyebabnya adalah ulah manusia, seperti keburukan lingkungan dan kebakaran yang sudah mengancam di tengah kehidupan bangsa.

“Diperlukan cara penanggulangan Karhutla di wilayah Kalimantan Selatan sehingga harus dilakukan upaya-upaya sedini mungkin baik pada periode sebelum, saat kejadian dan setelah kejadian, ” ujar Nico.

Baca Juga:   Gibran: Siapapun Lawannya Saya Siap Tempur

Baca Juga:   Siapa Orang KPK yang Ditanam Ahok di Pertamina?

Ia menjelaskan, penanganan kebakaran hutan dan lahan harus dikerjakan secara terkoordinasi dan kerjasama terpadu yang tidak hanya melibatkan Polri, TNI dan Pemerintah saja makin seluruh lapisan masyarakat, swasta serta relawan.

“Semua instansi terkait, relawan dan masyarakat mempunyai peran penting dalam penanggulangan Karhutla di Bumi Lambung Mangkurat sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, ” tegasnya.

(. -)

Loading…