Perihal 18 Juni: Meninggalnya Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah

JAKARTA – Kira-kira peristiwa dan catatan sejarah istimewa terjadi baik dalam maupun sungguh negeri yang terjadi pada tanggal 18 Juni tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah meninggalnya Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah.

Untuk mengingat ataupun menaikkan wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 18 Juni sebab Wikipedia, antara lain:

1. Meninggalnya Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah

Raja Haji Fisabilillah lahir di Kota Lama, Ulusungai, Riau, 1725 dan wafat di Kampung Ketapang, Melaka, Malaysia, 18 Juni 1784. Ia adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Ia dimakamkan di Pulau Penyengat Inderasakti, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Raja Haji Fisabililah merupakan muda dari Sultan Selangor pertama, Tuan Salehuddin dan paman sultan Selangor kedua, Sultan Ibrahim.

Namanya diabadikan dalam nama bandar udara di Tanjung Jambe, Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, salah satu masjid yang ada di Selangor, Malaysia, yakni kota Cyberjayadinamakan Masjid Raja Haji Fisabililah

2. Amerika menyatakan perang ke Inggris

Pada 18 Juni 1812, Amerika Serikat (AS) menyatakan perang terhadap Inggris. Perang tahun 1812 adalah konflik militer antara Amerika Serikat dan Britania Raya sebab tahun 1812 sampai 1815, sekalipun traktat perdamaian ditandatangani pada tahun 1814.

Ada beberapa alasan Amerika Serikat menyatakan perang pada tahun 1812, pada antaranya restriksi perdagangan akibat perang Britania dengan Prancis, perekrutan menekan pelaut dagang Amerika oleh Pasukan Laut Britania Raya, dukungan Britania untuk suku Indian melawan pengembangan Amerika, kemarahan istimewa setelah terjadinya penghinaan terhadap kehormatan nasional setelah insiden di laut lepas & kemungkinan niat Amerika menganeksasi Kanada.

3. Astronot wanita pertama di AS ke luar angkasa


18 Juni 1983 awut-awutan Astronaut Sally K. Ride menjelma wanita Amerika Serikat pertama pada luar angkasa setelah dia serta empat rekannya meluncur menggunakan Challenger.

Sally Kristen Ride adalah astrofisikawati dan astronot Amerika Serikat, lahir di Encino, California. Dengan Ph. D. pada fisika dari Universitas Stanford, ia bergabung dengan NASA pada 1978, di mana ia menjadi astronot (1979–87) dan membantu rancangan lengan robot untuk kendaraan luar udara.

Pada 1983 ia menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang berada di udara.

Ia selalu menjabat dalam komisi (1986, 2003) yang menyelidiki kecelakaan Space ShuttleChallenger dan Columbia. Pada 1989 ia menjadi guru besar fisika dan direktur Institut Luar Angkasa California di Universitas California, San Diego.

4. Kelahiran personel The Beatles Paul McCartney

Sir James Paul McCartney, MBE lahir di Liverpool, Inggris, 18 Juni 1942; umur 77 tahun. Ia merupakan penyanyi berkebangsaan Inggris.

Dia terkenal sebagai salah satu personil The Beatles. Bersama John Lennondi dekade 1960an, ia membentuk partnership penyusun lagu paling sukses.

Ia masih aktif bermusik dan sebagai musikus hingga saat ini, pendapatannya adalah salah satu yang tertinggi di Inggris. Setelah The Beatles bubar, McCartney bersama istrinya, Linda McCartney membentuk grup musik Wings yang cukup sukses di medio tahun 1970an. Setelah Wings bubar, ia bersolo karier maka sekarang.

(kha)

Loading…