Penyaluran Covid-19 Semakin Masif, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan Dua Arah

SURABAYA kacau Penularan Covid-19 dari Bangkalan, Madura, terus bertambah. Penularan yang tak terkendali tersebut membuat screening atau penyekatan di akses Suramadu bagian Surabaya kembali diperketat. Lengah satunya dengan penyekatan dua arah yang dilakukan buat memutus angka penularan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemkab Bangkalan, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sepakat untuk menerapkan penyekatan dari kedua pokok. Artinya, screening dilakukan di akses Suramadu dari pedoman Surabaya menuju Bangkalan maupun sebaliknya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, screening di akses Suramadu merupakan bentuk kebersamaan pemerintah daerah pada Jawa Timur dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Pokok itu, ke depan swab dititikberatkan di sisi Bangkalan kepada pengendara plat M yang akan menuju ke Surabaya melalui Jembatan Suramadu.

“Nanti (swab) yang dari Bangkalan mau dilakukan oleh Bupati Bangkalan. Surabaya nanti membantu masa yang dari Bangkalan telah tidak mampu (lolos), yang selain plat M (Madura) kita lakukan (swab), ” kata Eri, Kamis (17/6/2021).

Baca pula:   Kasus Covid-19 Menggila, 6 Warga Gunungkidul Meninggal dalam Sehari

Ia melanjutkan bahwa nantinya penyekatan juga dilakukan pada akses Suramadu yang menuju ke arah Bangkalan. Berarti, swab juga dilakukan kepada pengendara dari arah Surabaya yang akan menuju ke Bangkalan melalui akses Suramadu.

“Dari Surabaya masuk ke Bangkalan kita juga lakukan swab. Itu yang disampaikan Bu Gubernur, bagaimana kita saling-bahu membahu menjaga antara pemerintah yang ada di Jawa Timur, ” ujarnya.

Dengan demikian, maka tugas utama Satgas Covid-19 Surabaya ke depan adalah membenarkan setiap warga yang hendak masuk ke Bangkalan, Madura, terbebas dari virus corona. Meski demikian, pihaknya membuktikan tetap akan membantu Pemkab Bangkalan untuk melakukan swab kepada pengendara yang lulus penyekatan di sisi Madura.

“Tapi suruhan kami yang utama ialah menjaga Madura, menjaga Bangkalan dari (pengendara) yang mau masuk ke Bangkalan. Tersebut yang kita lakukan, ” terangnya.

Menyuarakan juga:   Bak Haluan Jago, Pria di Suramadu Maki Petugas dan Mengajak Berkelahi karena Tolak Di-swab