PAN Dinilai Berpeluang Dapat Kursi Gajah KKP Gantikan Edhy Prabowo

JAKARTA – Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menyebut PAN mempunyai peluang untuk menempatkan kadernya mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) setelah Edhy Prabowo terjerat kasus dugaan suap terpaut perizinan ekspor benih lobster. Ia menilai PAN menjadi koalisi yang belum mendapatkan kursi di Kabinet Indonesia Maju.

Hendri Satrio menilai, ada tiga kelompok yang berpeluang mengisi letak Menteri Kelautan dan Perikanan. Tiga kelompok itu adalah dari partai politik, kalangan profesional, serta wujud profesional yang terafiliasi dengan kelompok politik.

“Ada tiga kelompok dengan bisa berpeluang mengisi posisi gajah KKP. Pertama dari partai politik, kedua Pak Jokowi pilih terlatih. Yang ketiga adalah mixed atau artinya profesional yang terafiliasi kelompok politik, ” ujar Hendri kepada MNC Media , Sabtu (28/11/2020).

Jika nantinya kursi Menteri Kelautan dan Perikanan diisi orang parpol, Hendri memprediksi sosok yang mau dipilih Presiden Jokowi bukan dari kader Gerindra. Menurut Hendri, yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan berasal dari PDI-Perjuangan atau PAN.

“Kalaupun harus parpol, saya prediksi tidak akan ke Gerindra lagi, yang paling berpeluang PDI Perjuangan atau PAN. Karena PAN kan masuk koalisi Pak Jokowi, tapi belum dapet kursi, ” ucapnya.

Tengah dari kalangan profesional, Hendri tahu banyak potensi yang mumpuni buat menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satunya, Susi Pudjiastuti.