Nama KH Hasyim Asy’ari Habis dari Kamus Sejarah, Nadiem Makarim: Itu Disusun Sebelum Saya Jadi Menteri

JAKARTA – Kementerian Pelajaran Dan Kebudayaan (Kemendikbud) cukup menjadi sorotan dalam kurang hari terakhir. Hal itu menyusul hilangnya nama KH Hasyim Asy’ari hilang lantaran draf Kamus Sejarah yang dibuat Kemendikbud.

Menanggapi polemik itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim menjelaskan kalau kamus sejarah itu disusun sebelum dirinya menjabat pembantu presiden, tepatnya tahun 2017.

“Kamus sejarah ini disusun sejak 2017, sebelum saya menjabat. begitu saya dengar isu ini, maka saya langsung mengambil langkah kongkrit buat menugaskan dirjen kebudayaan menjemput langkah kongkrit, ” cakap Nadiem dalam unggahan gambar di akun Instagram @nadiemmakarim, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga:   Polemik Hilangnya Pendiri NU dari Kamus Sejarah, Tersebut Penjelasan Mendikbud 

Dia mengaku sudah menugaskan anak buahnya untuk melakukan penyempurnaan kamus sejarah tersebut. Selain itu, biar mempertimbangkan masukan dari seluruh lapisan masyarakat termasuk NU.

“Saya tugaskan langsung, untuk melakukan penuntasan langsung yang sempat kandas. Dilanjutkan dengan cermat & secara teknis, dan bermacam-macam pertimbangan termasuk NU. Pada masyarakat Indonesia Kemendikbud tidak ada sama sekali menghilangkan nilai sejarah, perjuangan tokoh-tokoh bangsa termasuk KH Hasyim Asy’ari, ” ujarnya.