Mengontrol Lalin Tahun Baru Islam, Kabaharkam: Situasi Masih Lancar Terkendali

JAKARTA – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto mengungkapkan, arus lalu lintas pada jalan tol maupun arteri zaman libur Tahun Baru Islam satu Muharram 1442 Hijriah, masih di kondisi lancar terkendali.

Hal itu disampaikan Agus sudah melakukan peninjauan arus lalu lin melalui udara bersama dengan korps Polri, Rabu (19/8/2020).

“Sampai era ini situasi lalu lintas sedang lancar terkendali, ” kata Agus.  

Menurut Agus, pemantauan ini merupakan antisipasi pengembangan volume arus libur panjang pada 1 Muharram yang berdekatan dengan momentum hari libur weekend tanggal 20 Agustus hingga 23 Agustus 2020.

“Hari tersebut, kami berbagi tugas dengan pak Kakorlantas Polri, beliau melalui jalur darat untuk memonitor arus libur, ” ujar Agus.

Baca Juga:   Warga Bekasi Dilarang Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah

Pemantauan itu sendiri dilakukan tiba dari ruas tol Jakarta maupun arteri arah Jawa Tengah dan Bandung.

Meskipun volume arus kendaraan terpantau normal mampu, Agus tetap meminta seluruh anggotanya di lapangan mewaspadai kemungkinan terjadinya peningkatan volume arus lalu lintas orang dan kendaraan pada nanti malam dan juga mengantisipasi di dalam saat arus balik.

Sementara Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antartiksawan, guna menganjurkan kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas pada masyarakat, Polri melalaikan Korlantas Polri dan jajaran sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas seperti pemberlakuan Contraflow sejak Km 29 sampai Km 61 arah Jawa Tengah, buka tutup rest area saat terjadi kepadatan arus beserta pengalihan kendaraan barang sumbu 3 ke atas melalui jalur metode pantura.

Baca Juga:   Pandemi Covid-19, Perayaan Tahun Baru 1442 Hijriah Harus Terapkan Protokol Kesehatan tubuh

Di sisi lain, Polri mengimbau kepada warga masyarakat yang menikmati liburan agar tetap mempedomani protokol Kesehatan tubuh Covid-19, cuci tangan, pakai masker, jaga jarak kemudian menghindari kerumunan.

(Ari)