Masyarakat di Kota Bitung Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19

BITUNG – Pemakaman jenazah positif Covid-19 di Kota Bitung mendapat penolakan dari warga. Jenazah yang sedianya akan dikebumikan di pemakaman Girian Tempat mendapat penolakan dengan dalih merujuk imbauan pemerintah.  

Kapolsek Matuari Kompol Andri Permana mengucapkan, jenazah terkonfirmasi Covid-19 adalah warga Girian Bawah Lingkungan Dua RT 002 berinisial JI alias Jamal (78) meninggal dunia dalam perawatan di RS Sentra Medika Kabupaten Minahasa Utara.

“Sesuai agenda keluarga, jenazah akan dimakamkan di lokasi pekuburan hak warga kelurahan Girian Lembah yang ada di Kelurahan Girian Atas, ” kata Kompol Andri Permana, Rabu (14/7/2021)

Menyuarakan Juga:     Sepekan PPKM Darurat, Bima Arya: Mobilitas Turun, Kasus Covid-19 Belum

Namun, mendengar adanya rencana pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid-19, spontan sebagian masyarakat Girian Atas berkumpul di jalan kanal masuk ke lokasi pekuburan menolak pemakaman jenazah.

Warga yang menegasikan beralasan karena berdasarkan imbauan pemerintah bahwa pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid-19 harus memenuhi kriteria 500 meter dibanding pemukiman warga, tidak adanya penolakan warga dan bertelingkah 50 meter dari ceroboh air, sehubungan dengan situasi ini ada dua kriteria yang tidak terpenuhi yaitu jarak ke pemukiman hanya berkisar 150 meter serta mendapat penolakan warga.

“Bersama Polres Bitung serta pemerintah Kecamatan Girian kami berkoordinasi dengan bagian keluarga yang berduka, sehingga pada akhirnya jenazah dimakamkan di Pekuburan Waleleng Kelurahan Pinokalan, Kecamatan Ranowulu Praja Bitung, ” tutur Kompol Andri Permana.

Baca Juga:     Karawang Zona Hitam, Tumenggung Cellica Ancam Pidanakan Pabrik “Nakal”

Sementara Kabag Ops Polres bitung Kompol Jendri Lewan menimbrung mengendalikan kegiatan pengamanan yang dilakukan personel Polri cantik di lokasi penolakan warga di pekuburan Girian Berasaskan, rumah duka hingga dalam tempat pemakaman terakhir dalam pekuburan Waleleng Pinokalan.

“Semua rangkaian kegiatan kepolisian berlangsung lancar, status keamanan terjaga kondusif dan terkendali, ” ujar Kompol Andri Permana.

(Ari)