KPK: Rata-Rata Harta Kekayaan Bagian DPR Rp23 Miliar

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan potret harta kekayaan para penyelenggara negara tahun 2020. Berdasarkan data statistik yang dibeberkan KPK, anggota DPR serta DPRD memiliki rata-rata kekayaan paling tinggi dibanding penyelenggara negara lainnya.

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyebut, rata-rata kekayaan yang dimiliki anggota DPR berdasarkan analisa awak lembaga antirasuah, senilai Rp23 miliar. Sedangkan rata-rata kekayaan anggota DPRD, sekira Rp14 miliar.

“Tidak ada niat yang bilang bahwa jika DPR rata-rata (harta kekayaannya) Rp23 miliar itu orang DPR lebih kaya dibanding DPRD kabupaten kota, tidak, ” ucap Pahala masa mengikuti Webinar Talkshow LHKPN yang ditayangkan lewat YouTube KPK, Selasa (7/9/2021).

“Tapi kira-kira, bangsa bisa menduga, bahwa rata-rata kekayaannya Rp23 miliar bagian DPR gitu, diikuti sebab DPRD Kabupaten Kota kira-kira Rp14 miliar, lantas BUMN, DPD, dan selanjutnya, ” imbuhnya.

Bagian DPR atau DPRD dengan mempunyai harta kekayaan dengan nilai fantastis, kata Balasan, biasanya pengusaha ataupun mantan pebisnis yang kemudian masuk di legislatif. Harta imbalan mereka, umumnya berasal dibanding perusahaan yang dikelola.

“Tapi, pada saat yang serupa ada juga nilai kekayaan terendah yang menjadikan diantara kementerian dan institusi, masih ada yang mengadukan bahwa hartanya minus Rp1, 7 miliar, Rp1, 7 triliun, jadi kita pikir Rp1, 7 triliun kurang. Pada saat yang sama yang tertingginya bisa sampai Rp8 triliun, ” beber Pahala.

“Nah kalau yang pengusaha biasanya ngisi harga sahamnya saja, tidak nilai perusahaannya. Berapa sahamnya, itu saja dicatat, ” imbuh dia.

(kha)