Kejadian 21 Juli: Dimulainya Serbuan Militer Belanda

JAKARTA – Berbagai peristiwa penting dan bersejerah terjadi di 21 Juli baik dalam maupun luar negeri. Antara lain Agresi Militer Belanda I, terbentuknya Vietnam Utara serta Vietnam Selatan hingga kemunculan komedian Dorce Gamalama.

Berikut ikhtisar peristiwa 21 Juli sama dengan dikutip Okezone dari Wikipedia:

Dimulainya Serbuan Militer Belanda I

Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer yang dilakukan Belanda di Pulau Jawa & Sumatera yang dimulai di 21 Juli hingga 5 Agustus 1947.

Operasi ini menegaskan bahwa hasil perundingan Linggarjati dengan dilakukan pada 25 Maret 1947 sudah tidak sahih lagi. Belanda kala tersebut mulai mengangkat senjata ke sejumlah daerah di Nusantara.

Tujuan pati Agresi Militer Belanda I tak lain untuk menawan daerah perkebunan dan sumber daya alam (SDA) dengan melimpah di bumi Nusantara. Belanda menyebut tindakan tersebut sebagai aksi polisionil serta menyatakannya sebagai urusan dalam negeri untuk mengelabui negeri internasional.

Jumlah tentara yang dikerahkan buat melancarkan agresi ini menyentuh lebih dari 100. 000 orang dengan dilengkapi media utama sistem senjata (alutsista) yang canggih. Indonesia memandang tindakan ini sebagai pengingkaran dari perundingan Linggarjati.

Konvensi Jenewa

Kaidah atau perjanjian Jenewa pada 21 Juli 1954 membelah Vietnam menjadi dua zona; Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Konvensi itu digelar setelah terjadinya perang Indocina antara Vietnam Selatan yang didukung Prancis dengan Vietnam Utara yang bakcup oleh China dan Uni Soviet.

Bendungan Aswan Selesai

Pada 21 Juli 1970, bendungan di Praja Aswan, Mesir selesai dibangun. Pembangunan bendungan Sungai Nil itu membutuhkan waktu 11 tahun. Bendungan Aswan dibangun untuk membendung banjir akibat meluapnya Sungai Nil dengan kerap terjadi tiap tarikh.