Hari Ini Bareskrim Periksa Eks Danjen Kopassus Mayjen Soenarko

JAKARTA – Bareskrim Polri menjadwalkan melakukan penyeliaan terhadap eks Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko hari ini, Jumat (16/10/2020).

Pada surat pemanggilan, Soenarko akan dipanggil dalam kapasitasnya sebagai tersangka di dalam kasus dugaan kepemilikan senjata obor ilegal yang menjeratnya pada 2019.

“Penyidik memanggil kembali Soenarko terkait kasus kepemilikan senjata api dalam 2019, ” kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo era dikonfirmasi.

Ferdy menjelaskan, pemanggilan tersebut guna meluluskan kepastian hukum kepada tersangka.

“Kewajiban penyidik untuk memberikan kepastian hukum kepada pihak-pihak yang sudah menjadi tersangka, bila terpenuhi unsur pasal lekas dikirim ke JPU dan bila tidak dihentikan, ” ujar Ferdy.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan yang kala itu dijabat Wiranto mengumumkan penetapan Soenarko sebagai tersangka terkait kepemilikan senjata suluh.

Membaca Juga: Eks Danjen Kopassus Diperiksa Bareskrim Terkait Kepemilikan Senjata Api

Soenarko kemudian sempat ditahan setelah penetapan simpulan tersebut sebelum akhirnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajukan penangguhan penahanan sehingga dibebaskan.

(erh)