Gambar TV China Tampilkan Gambar Nabi Muhammad, Ini Faktanya

BEIJING – Sebuah video dari acara televisi China yang menampilkan gambar yang diklaim sebagai Nabi Muhammad SAW dengan fitur Asia telah viral dalam media sosial. Banyak netizen bertanya apakah dunia Muslim sekarang hendak memboikot barang-barang China seperti sikap mereka terhadap Prancis.

Seruan boikot produk-produk Prancis sudah menggema di dunia Muslim sesudah Presiden Emmanuel Macron membela benar majalah Charlie Hebdo untuk membuahkan kartun yang menghina Nabi Muhammad.

BACA JUGA: Negara Arab Serukan Boikot Keluaran Prancis Terkait Kartun Nabi Muhammad

Komentar Macron hidup setelah insiden kekerasan baru-baru ini di Prancis, termasuk pemenggalan kepala seorang guru bernama Samuel Paty oleh seorang pengungsi Chechnya karena menunjukkan kartun yang menghina Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Arslan Hidayat, seorang aktivis hak-hak etnik Uighur, membagikan video penjepit acara China Central Television (CCTV) —stasiun televisi yang dikelola pemerintah China—di Twitter dan mengatakan bahwa itu melukiskan adegan seorang duta besar Arab yang sedang memberikan potret Nabi Muhammad kepada kaisar China selama pemerintahan Dinasti Tang.

Selain meminta boikot produk China, Hidayat juga mempertanyakan diamnya Pakistan atas gambar kontroversial tersebut.

BACA JUGA: Malaysia Sebut Kartun Nabi Muhammad Bukan Sah Kebebasan Bicara

Banyak media juga berbicara tentang gambar tersebut, dengan menyerang dunia Muslim karena kemarahan selektifnya terhadap Prancis.

Deepak Chaurasia, editor konsultan News Nation , mengatakan; “Saluran pemerintah China belum lama menyiarkan karikatur Nabi Muhammad. Akankah dunia Muslim tidak mengajukan boikot atas barang-barang China masa karikatur Nabi Muhammad ditampilkan? “

Chaurasia juga berbahasa tentang penindasan terhadap Muslim Uighur di China.