Dorong Vonis 4, 5 Kamar Penjara, Kivlan Zen: Itu Kehormatan Saya!

JAKARTA – Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Armada Darat Mayjen (Purn) Kivlan Zen tidak terima vonis 4 bulan 15 keadaan (4, 5 bulan) tangsi yang diputus majelis ketua Pengadilan Negeri Jakarta Sentral.

(Baca selalu: Perwira Indah Ini Alami Gangguan Moral, Jenderal Andika Bikin Kesimpulan Mengejutkan )

Dalam putusannya hakim menyatakan bahwa bekas jenderal bintang dua itu bersalah karena terbukti membereskan, menyembunyikan, ataupun menggunakan senjata api beserta amunisi secara ilegal.

Sebab karena itu, Kivlan akan banding atas putusan molek hakim di tingkat perdana tersebut. Ia mengaku tidak terima dinyatakan bersalah oleh majelis hakim. Menurut Kivlan, itu adalah kehormatannya. Meskipun diketahui, putusan yang dijatuhi majelis hakim lebih lembut dari tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

(Baca pula: Divonis 4, 5 Bulan Penjara, Kivlan Zen: 100 Persen Beta Tidak Bersalah! )

“Saya tolak keputusan hakim yang menyatakan saya bersalah walaupun hamba dihukum cuma 4 kamar 15 hari, tapi itu kehormatan saya. Dan beta akan banding, ” jelas Kivlan usai mendengarkan putusan majelis hakim di Meja hijau Negeri Jakarta Pusat, Ulama Bungur Besar, Jumat (24/9/2021).

Salah mulia alasan dirinya menolak putusan hakim dan mengajukan jalan hukum banding, adalah sebab hakim tidak mempertimbangkan pleidoi dan bukti-bukti yang membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

“Saya menegah karena tidak dimasukan seluruh bukti dan saksi tanda yang menyatakan saya itu termasuk saya punya yang pleidoi saya dengan informasi data, foto, segala ragam, tidak dimasukan membantah seluruh tuntutan, ” ucap Kivlan.