Biaya di Pasar Deprok Jatinegara, Perempuan Muda Ini Gunakan Uang Palsu

JAKARTA – SDS perempuan bujang (21) nekad berbelanja kebutuhan bagian menggunakan uang palsu. Aksi malas SDS dilakukannya di Pasar Deprok Jatinegara Jakarta Timur, Selasa (25/8/2020).

Awalnya gerak-gerik SDS bersama dua orang temannya berjalan mulus. Berbekal uang palsu yang dipegangnya SDS bergaya bak orang kaya mengunjungi semua stan dan membeli keperluan sehari-hari termasuk membeli pakaian.

Sampai pada keputusannya, Sumarni seorang pedagang menyadari bahwa uang yang dibelanjakan SDS terlihat berbeda dengan uang pada umumnya.

“Awalnya gak sadar itu uang palsu, betul diteliti kok beda ya, saya lapor petugas keamanan pasar ternyata orangnya (pelaku) masih ada pada sekitar pasar, ” kata Sumarni di lokasi, Selasa (25/8/2020).

Akibat ragam SDS dan dua temannya, pera pedagang yang didatangi SDS merasai kerugian cukup besar. Lantaran telah banyak menimbulkan korban, maka SDS dan dua temannya digelandang ke Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Kerugiannya itu sampai Rp 200 ribu, mujur aja ketahuan kalau gak mampu semua pedagang di pasar maka korban, ” ujarnya.

Saat berbelanja, SDS mendatangkan 13 uang palsu pecahan Rp 50 ribu senilai Rp 650 ribu. Bagi masyarakat terutama pedagang agar lebih waspada terhadap peredaran uang palsu di tengah pamdemi Covid-19.

(kha)