Belum Sembuh dari Corona, Bacalon Bupati Kepulauan Meranti Bisa Diganti

PEKANBARU – Bakal Calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Riau Abdul Rauf (AR), dinyatakan masih belum sembuh sebab Covid-19. KPU menyatakan bakal calon tersebut bisa tidak maju jika belum sembuh.

Komisioner Riau, Nugroho Noto Susanto mengatakan, aturan itu berdasarkan vonis KPU RI dengan Nomor 789 Tahun 2020, tertanggal 18 september 2020. Aturan baru itu aci untuk semua bacalon (bakal calon).

“Isi surat tersebut menyatakan jika di 14 hari pasca penetapan paslon yakni 23 September 2020, sedang terdapat bacalon yang positif Covid-19 maka bacalon tersebut dapat diganti, ” kata Nugroho, Rabu (23/9/2020).

Dalam peraturan itu memuat bahwa parpol atau gabungan partai politik mengajukan usulan penggantian calon bagi bakal calon yang dinyatakan positif Covid-19, yaitu dengan mengubah surat pencalonan serta kesepakatan bakal pasangan calon dengan parpol (formulir model B-Kwk partai politik).

“Caranya dengan mencoret nama bakal calon yang diganti dan menuliskan nama calon pengganti. Penggantian bahan calon bagi pasangan calon dengan diusulkan oleh parpol harus memiliki persetujuan pimpinan parpol atau ikatan partai politik tingkat pusat yang dituangkan dalam keputusan parpol yang ditandatangani oleh pimpinan parpol level pusat (formulir model B. 1-Kwk), ” tukasnya.

Abdul Raup yang berpasangan dengan Bakal Calon Bupati Kepulauan Meranti Said Hasim dinyatakan positif dalam 4 September 2020 sesaat sebelum mendaftar ke KPU setempat.