Dorong Vonis 4, 5 Kamar Penjara, Kivlan Zen: Itu Kehormatan Saya!

JAKARTA – Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Armada Darat Mayjen (Purn) Kivlan Zen tidak terima vonis 4 bulan 15 keadaan (4, 5 bulan) tangsi yang diputus majelis ketua Pengadilan Negeri Jakarta Sentral.

(Baca selalu: Perwira Indah Ini Alami Gangguan Moral, Jenderal Andika Bikin Kesimpulan Mengejutkan )

Dalam putusannya hakim menyatakan bahwa bekas jenderal bintang dua itu bersalah karena terbukti membereskan, menyembunyikan, ataupun menggunakan senjata api beserta amunisi secara ilegal.

Sebab karena itu, Kivlan akan banding atas putusan molek hakim di tingkat perdana tersebut. Ia mengaku tidak terima dinyatakan bersalah oleh majelis hakim. Menurut Kivlan, itu adalah kehormatannya. Meskipun diketahui, putusan yang dijatuhi majelis hakim lebih lembut dari tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

(Baca pula: Divonis 4, 5 Bulan Penjara, Kivlan Zen: 100 Persen Beta Tidak Bersalah! )

“Saya tolak keputusan hakim yang menyatakan saya bersalah walaupun hamba dihukum cuma 4 kamar 15 hari, tapi itu kehormatan saya. Dan beta akan banding, ” jelas Kivlan usai mendengarkan putusan majelis hakim di Meja hijau Negeri Jakarta Pusat, Ulama Bungur Besar, Jumat (24/9/2021).

Salah mulia alasan dirinya menolak putusan hakim dan mengajukan jalan hukum banding, adalah sebab hakim tidak mempertimbangkan pleidoi dan bukti-bukti yang membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

“Saya menegah karena tidak dimasukan seluruh bukti dan saksi tanda yang menyatakan saya itu termasuk saya punya yang pleidoi saya dengan informasi data, foto, segala ragam, tidak dimasukan membantah seluruh tuntutan, ” ucap Kivlan.

Tersebut Dugaan Penyebab Banjir dalam Pancoran Mas Depok

JAKARTA Banjir menerjang wilayah simpang Mampang di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Banjir tersebut terjadi sejak Kamis (23/9/2021) dini keadaan.

Dihimpun dibanding unggahan @depok24jam, banyak netizen yang mengirimkan laporan terkait terjadinya banjir. Dalam bermacam-macam unggahan tersebut terlihat banjir yang menyelimuti jalan besar sampai beberapa lokasi daerah rumah warga.

Mengucapkan juga:     Tempat Mampang Depok Terendam Banjir, Lalu Lintas Macet


Satu postingan instagram memperlihatkan banjir yang berada di cagak Mampang. Terlihat kondisi banjir dengan arus yang deras membuat jalanan menjadi terhambat.

“Semakin terang, makin parah banjirnya, & makin macet, ” ujar pengunggah video dikutip MNC Portal Indonesia, Kamis (23/09/2021).

Baca pula:     Komplek Rajin Duta Depok Terendam Banjir hingga 1 Meter

Gerald Sokoy, Nakes yang Jatuh di Kiwirok Masih Tumbuh dan Berada di Basis OPM

JAKARTA – Tenaga kesehatan (nakes) Gerald Sokoy yang dinyatakan jatuh saat penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, ternyata masih hidup.

(Baca juga: KKB Semakin Brutal, Prajurit TNI yang Mati Ditembak Ingin Evakuasi Awak Gabriela )

Juru Bicara Tentara Penanggalan Nasional Papua Barat atau TPNPB – Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambom memastikan, nakes Gerald Sokoy saat ini berada pada Markas TPNPB-OPM Ngalum Kupel dalam kondisi yang baik.

“Benar, sedang di markas dan hendak kita serahkan kepada negeri daerah atau pihak anak dalam minggu ini, ” ujar Sebby, Rabu (22/9/ 2021).

(Baca juga: Terciduk KPK, Bupati Kolaka Timur Tidak Mempunyai Mobil & Hartanya Rp 478 Juta )

Kendati demikian, pihaknya membantah bahwa TPNPB-OPM adalah dengan menyerang Puskesmas Kiwirok. Pihaknya juga menemukan Gerald usai penyerangan di hutan di dalam keadaan tersesat.

“Itu dia tersesat & ditemukan oleh pasukan TPNPB. Maka mereka bawa ke Markas TPNPB Kodap 15 Ngalum Kupel. Bukan disandera, ” tutup Sebby.

Gempuran Vaksinasi Alumni Akabri 98, Panglima: Terus Perkuat Sinergitas TNI-Polri

JAKARTA Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung serbuan vaksinasi dan Bhakti Baik Nusantara Akabri 98 Nawahasta, yang dipusatkan di Sport Club Mardi Grass Citra Raya, Tangerang, Banten, Selasa (21/9/2021).

Di dalam sambutannya, Panglima TNI mengapresiasi kegiatan Baksos Nusantara dan serbuan vaksinasi yang dijalankan Alumni Akabri 98. “Saya sebagai Panglima TNI berhubungan bapak Kapolri sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Alumni Akabri 98 Nawahasta, ” ucapnya.

Panglima TNI menyampaikan bahwa berdasarkan masukan dan fakta kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kemerosotan yang sangat signifikan. Menurut nya, hal ini menjadi kemangkakan bagi TNI-Polri dan semesta komponen bangsa yang sudah bekerja keras dalam jalan memutus mata rantai penyaluran Covid-19.

“Kita Wajib bersyukur namun tidak boleh eforia yang kelewatan karena sewaktu-waktu kasus Covid-19 bisa menjadi hal dengan buruk apabila kita lengah, ” katanya.

Baca juga:   Memeriksa Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Magelang, Panglima TNI Ingatkan Disiplin Prokes

Hadi mengingatkan agar TNI-Polri untuk tetap bekerja cepat dan bersinergi dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Saya ingin mengingatkan kepada Alumni Akabri 98 untuk terus main keras dalam menghadapi cobaan bencana nonalam yaitu pandemi Covid-19 dengan terus memperkuat sinergitas TNI-Polri dan berdoa semoga pandemi ini lekas berakhir, ” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI menunjukkan bahwa baru-baru ini Bank Dunia mengapresiasi kinerja negara Indonesia yang telah berhasil mencapai target vaksinasi 100 juta orang penduduknya.

Baca juga:   Juara Bahasa Rusia, Calon Tentara Cantik Ini Bikin Pemimpin TNI Terpukau

“Pencapaian target vaksinasi kepada 100 juta orang Nusantara tidak lepas dari kerja keras dan sinergitas TNI-Polri termasuk yang dilakukan sebab Alumni Akabri 98 Nawahasta, ” ujarnya.

Korut Ejek Rudal Balistik Pesawat Selam Korsel, Sebut Senjata ‘Kikuk’

SEOUL porakporanda Sebuah think tank militer Korea Utara pada Senin (20/9/2021) mengejek rudal balistik yang diluncurkan kapal menyelundup yang baru-baru ini diuji Korea Selatan sebagai senjata yang kikuk dan belum sempurna. Meski begitu, Pyongyang memperingatkan bahwa pengembangan lebih lanjut senjata itu bakal memicu kembali ketegangan kurun kedua negara bertetangga.

Baik Korea Selatan maupun Korea Utara, yang telah mengembangkan senjata yang semakin canggih di sedang upaya yang terhenti untuk meredakan ketegangan di wilayah Semenanjung Korea. Pada Rabu (15/9/2021) Korea Utara terakhir saja menguji kembali peluru kendali balistik barunya.

BACA JUGA:   Korut Sukses Uji Coba Rudal yang Diluncurkan sebab Kereta Api 

Dalam sebuah komentar dengan dilansir kantor berita KCNA , Besar Akademi Ilmu Pertahanan Nasional Korea Utara, Jang Chang Ha mengatakan bahwa foto-foto media dari rudal Korea Selatan menunjukkan senjata itu “ceroboh”. Menurutnya, senjata itu bahkan tidak berbentuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM).

Rudal itu tampaknya adalah versi rudal balistik permukaan-ke-permukaan Hyunmoo Selatan dengan arah hulu ledak tiruan dibanding K-15 SLBM India, logat Jang sebagaimana dilansir Reuters.

Foto-foto tes menunjukkan bahwa Korea Daksina belum mencapai teknologi kunci untuk peluncuran bawah air termasuk analisis aliran fluida yang rumit, katanya.

BACA JUGA:   Kembangkan Senjata untuk Hadapi Korut, Korsel Uji Coba Rudal Balistik Kapal Menghunjam Pertama  

“Singkatnya, itu harus disebut pekerjaan yang kikuk, ” kata Jang. “Jika tersebut memang SLBM, itu cuma akan berada dalam periode bayi yang belum sempurna. “

Kementerian pertahanan Korea Selatan tak segera menanggapi permintaan kritik.

Jang mengutarakan senjata itu belum mencapai fase di mana dia memiliki nilai strategis dan strategis dan dengan demikian mau menimbulkan ancaman bagi Utara. Tetapi, dia mempertanyakan tafsiran dari pengembangan rudal yang sedang berlangsung di Selatan.

Muda Tenggelam di Kali Pungkur RSDC Wisma Atlet

JAKARTA – Petugas pemadam kebakaran (damkar) mencari & mengevakuasi pemuda yang tenggelam di kala belakang Wisma Atlet, Pekerjaan Sunter Jaya, Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

Berdasarkan unggahan di Instagram @humasjakfire terlihat sebanyak lima petugas melakukan pencarian. Itu menggunakan alat apung serta dengan saksama memeriksa kala dibantu dengan tongkat semak.

“Petugas #DamkarDKI melakukan pencarian dan evakuasi orang tenggelam dalam Jl. Sunter Jaya I (kali di belakang Rumah Atlet), ” tulis akun @humasjakfire dalam keterangna unggahan, Minggu (19/09/2021).

Adapun menurut unggahan itu, korban tenggelam berjumlah satu orang dengan usia cukup umur. Saat berita ini ditulis belum diketahui bagaimana suasana korban.

“Korban R (18) yang beralamat di Jl. Rawa Sari Selatan, Kel. Cempaka Putih Timur dilaporkan tenggelam pada pukul 08. 45 WIB, ” lanjut keterangan tersebut.

Mengucapkan Juga: Bocah 11 Tahun Hilang Terlibat Arus Banjir di Kota Serang

Sementara, korban diduga terpeleset ketika sedang berlaku dipinggir kali. “Dugaan tatkala korban terpeleset saat padahal berjalan di pinggir kali. ” katanya.

(erh)

Tabrak Ganjil Genap, Sejumlah Pengendara Diputar Balik saat Ingin Masuk TMII

JAKARTA – Beberapa pengendara jentera empat diputar balik zaman hendak memasuki pintu gerbang Taman Mini Indonesia Elok (TMII) pada Sabtu (18/9/2021). Pengendara itu diputar balik lantaran melanggar aturan ganjil sempurna (Gage).

Pantauan MNC Portal di lokasi, di pukul 12. 00 WIB, sejumlah aparat gabungan dengan terdiri dari Kepolisian, Jawatan Perhubungan dan Satuan Penjaga Pamong Praja (Satpol PP) mulai berjaga di kemungkinan area masuk kawasan TMII.

Membaca Juga:     Keadaan Pertama Ganjil Genap dalam Kawasan Wisata, Tidak Ada Tindak Penilangan

Selang 15 menit kemudian, tampak ada tiga mobil berplat nomor ganjil dengan hendak memasuki pintu merembes, dihalau petugas.

“Yang diputar balikan sedang sedikit, ” kata Hero Pengendali Gage Taman Mini Satwil Lantas Jakarta Timur Ipda Sarwono kepada wartawan di lokasi.

Sarwono mengatakan, penerapan makna Gage itu dimulai dalam pukul 12. 00-18. 00 WIB. Ia mengatakan, bagi pengendara yang berkepentingan mendatangi acara pernikahan pihaknya memperkenankan untuk masuk, namun dengan berbagai catatan.

“Untuk kendaraan ganjil, kita sudah berkoordinasi dengan humas TMII, pihak TMII menyediakan kantong parkir di Museum Purna Bhakti dengan Green Terrace, tapi dengan syarat untuk masuknya tetap berkepanjangan kaki, ” tuturnya.

Sebelumnya, Direktorat Morat-marit Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menerapkan kebijakan pembatasan mobilitas warga dengan pola ganjil genap di dua kawasan tempat wisata pada Jakarta dimulai Jumat 17 September 2021. Kedua wadah wisata itu adalah TMII dan Taman Impian Hebat Ancol

“Kebijakan ganjil genap di kawasan menuju dua tempat wisata ini berkelakuan sejak hari ini 17 September 2021. Pelaksanaannya berlangsung sejak jam 12. 00 hingga 18. 00 WIB di tiap akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu, ” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Jumat 17 September 2021.

Baca Selalu:     Wagub Ariza: Ganjil-Genap Ancol dan TMII Kurangi Mobilitas Warga

Polisi tidak melangsungkan penilangan terhadap pengendara dengan melanggar Gage di besar tempat wisata di Jakarta. Pelanggar Gage hanya diminta diputar balik.

Adapun dasar hukum implementasi kebijakan ini merujuk pada Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Kemudian, Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 Corona Virus Disease 2019.

(Ari)

Pesawat Perang Canggih Buatan Inggris Akan Dibangun di Nusantara

INGGRIS – Indonesia dan Inggris menegaskan komitmen , mengecap saling percaya, dan kecocokan visi untuk masa depan yang aman dengan navigasi laut yang bebas sebagai intinya. Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris, RT. Hon Ben Wallace MP dengan telah menandatangani perjanjian itu di London pada Kamis (16/9) pukul 21. 00 waktu setempat.

Angkatan laut kedua negeri akan segera mengoperasikan fregat yang sama – sebuah tipe kapal perang dengan dibangun dengan mengutamakan kecepatan dan kemampuan manuver.

Sektor pabrik telah mendorong kerjasama ini. Babcock, perusahaan kedirgantaraan, pertahanan dan keamanan yang berbasis di Inggris, akan ‘memulai proses pembuatan kapal” minggu depan dan mulai membentuk desain fregat Arrowhead 140 (AH140) yang canggih buat Angkatan Laut Inggris dalam Skotlandia.

(Baca juga: Menhan Australia Kunjungi Indonesia, Prabowo: Pererat Kerjasama Pertahanan dan Kesehatan)

Keadaan ini Babcock menyetujui kata sepakat lisensi untuk PT PAL Indonesia (Persero), Badan Usaha Milik Negara yang membikin dan memelihara kapal buat penggunaan militer dan komersial yang berbasis di Surabaya – untuk memproduksi pesawat tersebut di Indonesia serta akan dikerjakan oleh “tangan-tangan” Indonesia, dengan desain istimewa serta spesifikasi yang memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Indonesia.

Nantinya, kedua Angkatan Laut akan mempunyai kapal yang sama – dimodifikasi sesuai dengan hajat masing-masing – sehingga bisa memudahkan latihan dan koneksi. Ini adalah perjanjian prima dari jenisnya untuk kapal tersebut, meskipun negara-negara lain kemungkinan akan mengikutinya – dengan negara lain telah memilih kapal tersebut sebagai pilihan dalam proses logistik untuk Angkatan Laut itu sendiri.

  (Baca juga: Inggris Akan Bekerja Sama secara Taliban Jika Kuasai Afghanistan)

Selain Pacitan, Ini Daerah di Jatim Berpotensi Diterjang Tsunami Setinggi 29 Meter

JAKARTA – Kepala Awak Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan sejumlah wilayah Jawa Timur lain berpotensi terdampak tsunami dengan agung maksimum 29 meter.

Selain Pacitan, kawasan lain yang berpotensi terdampak adalah Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Blitar. Bahkan, Blitar mengalami waktu tercepat datangnya tsunami yakni 20-24 menit.

Untuk itu, Dwikorita mengingatkan pemerintah daerah dan masyarakat di Jawa Timur terkait potensi tsunami. Segenap harus bersiap dengan ringkasan terburuk gempa dan tsunami yang berpotensi terjadi.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari dan menekan risiko bencana gempa serta tsunami yang mengintai pesisir selatan Jawa akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

“Berdasarkan hasil penelitian, wilayah Pantai Pacitan memiliki potensi tsunami setinggi 28 meter secara estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun mulia genangan di darat bertukar sekitar 15-16 meter dengan potensi jarak genangan menyentuh 4 – 6 kilometer dari bibir pantai, ” ujar Dwikorita, Minggu.

Sebelumnya dalam simulasi menghadapi potensi bencana, Dwikorita bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyelenggarakan verifikasi zona bahaya & menyusuri jalur evakuasi bala.

Dwikorita menyebutkan dengan skenario tersebut oleh karena itu masyarakat yang berada di zona bahaya perlu membiasakan rutin untuk melakukan sikap evakuasi mandiri bila memperoleh Peringatan Dini Tsunami penuh 5 menit setelah gempa terjadi.

Membaca juga:   5 Kejadian Mengerikan jika Terjadi Tsunami Dahsyat 28 Meter dalam Pacitan

Kelompok, khususnya yang berada pada wilayah pesisir pantai harus segera mengungsi ke lapangan yang lebih tinggi jika merasakan goncangan gempa yang besar.

“Untuk masyarakat yang berada dalam pantai, tidak perlu menunggui perintah, aba-aba, atau sirine, segera lari karena waktu yang dimiliki hanya kira-kira 29 menit, sedangkan jangka tempat yang aman yang lebih tinggi cukup jauh, ” ujar dia.  

Dwikorita mengatakan yang namanya skenario artinya masih bersifat potensi yang bisa saja terjadi ataupun bahkan tidak terjadi. Namun demikian, masyarakat dan pemerintah daerah harus sudah jadi dengan skenario terburuk itu.  

Artinya, lanjut Dwikorita, jika umum dan pemerintah daerah siap, maka jumlah korban atma maupun kerugian materi mampu diminimalkan.  

Dengan skenario terburuk ini, kata dia, pemerintah daerah bersama-sama masyarakat bisa lebih maksimal mempersiapkan upaya mitigasi yang lebih komprehensif.

“Jika masyarakat cakap maka tidak ada istilah gugup dan gagap saat bencana terjadi. Begitu gempa terjadi, baik masyarakat maupun pemerintah sudah tahu apa-apa saja yang harus dikerjakan dalam waktu yang sangat terbatas tersebut, ” perkataan dia menegaskan.

Perindo Tidak Pengaruh dengan Kehadiran Parpol Baru

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menegaskan, partainya tak terpengaruh dengan keberadaan sejumlah partai politik baru yang dimungkinkan bakal tampil di Pemilu 2024 mendatang.

(Baca juga: Perindo Siapkan Jalan Khusus Rekrut Caleg buat Pemilu 2024 )

Menurutnya, Partai Perindo menyambut molek kehadiran parpol baru itu pada Pemilu mendatang. Memikirkan, hal ini merupakan kondisi demokrasi. Kendati demikian, pada dunia kontestasi persaingan tersebut akan selalu ada.

(Baca juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat Rimbun Air Markas Teroris KKB Papua Pimpinan Zakiu s)

“Dalam konteks kontestasi ya kita harus beradu berpengaruh, kuat dalam sisi kalender kuat dalam sisi gagasan, kuat dalam sisi keberpihakan. Sehingga itu tidak mau membuat pemilih Partai Perindo itu berubah, ” logat Rofiq saat ditemui MNC Portal Indonesia, Rabu (14/9/2021).

Bukan buat memikirkan keberadaan parpol perdana tersebut, dia menyebut partainya lebih baik tetap pokok terhadap konsolidasi kader dan jaringannya. Sebab, dengan gaya struktur, kekuatan Caleg, gaya anggota dewan, hingga kekuatan program yang dimiliki golongan itu nantinya yang mau menjadi daya rekat kurun pemilih dan partai.

“Dan kita berharap daya rekat ini semakin kuat ketika konsolidasi politiknya Partai Perindo itu mampu berjalan masif. Sehingga itu tidak terpengaruh dengan adanya kehadiran partai-partai baru yang terus bermunculan, ” tutupnya.

(fmi)