8 Rumah Ludes Terbakar, Diduga Gegara Puntung Rokok

KEFAMENANU – Sebanyak delapan unit rumah milik warga pada Dusun III, RT. 09/RW04, Daerah Nifutasi, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur ludes terbakar. Sumber sinar berasal dari kebakaran hutan tak jauh dari rumah penduduk.

Kepala BPBD Timor Tengah Utara, Yosefina Lake zaman dikonfirmasi menceritakan sumber kebakaran dari arah hutan Boenkau yang dipicu oleh tiupan angin kencang. Dia menduga kebakaran diduga dilakukan oleh orang yang iseng membuang puntung rokok di hutan yang kobaran api merambat hingga pemukiman.

“Mungkin tersedia orang yang iseng buang puntung rokok di hutan kemudian melalak hutan dan mermbat hinggga pemukiman warga, ” ujar Yosefina, Jumat 28 Agustus 2020.

Akibat kebakaran tersebut, delapan unit rumah penduduk ludes. Rumah-rumah itu adalah milik Lamber Berek, Maria Beli, Marsel Abatan, Anton Kefi, Agustinus Tabesi, Dominikus Bersetuju, Paulus Subani dan Paulus Tnesi. Selain itu satu lumbung padi dan lumbung jagung serta stan, ikut terbakar.

“Beruntung saat kejadian tak ada korban jiwa, tetapi saat ini 8 kk yang terdiri dari 84 jiwa kesulitan buat tidur, mereka terpaksa nginap di rumah kerabat dan tetangga, ” kata dia.

Baca Juga:   Bogor Zona Merah Corona, Anak-Anak dan Lansia Diimbau Tidak Muncul Rumah

Guna membantu meringankan beban warga korban kebakaran vila, BPBD telah mendistribusikan bantuan pantas dengan kebutuhan tanggap darurat era ini.

“Kita sedang distribusikan bantuan tanggap perlu untuk para korban berupa ayan, beras, perlatan dapur, pakaian baby, sembako, gula, kopi, dan daun teh, ” tuturnya.

(aky)