8 Bulan Dirawat Lawan Covid-19, Perawat Terharu Dapat quot; Kehidupan Keduaquot;

CALIFORNIA – Bak bintang film terkenal , saat berjalan, Merlin Pambuan mendapatkan tepuk tangan rusuh dan kegembiraan rekan-rekan perawat yang berjejer di lobi untuk bersuka cita atas kepulangannya dari panti sakit.

“Ini adalah kehidupan kedua saya, ” terangnya. Dia bersiap meninggalkan kamar vila sakit, ditemani suaminya, Daniel, 63, dan putri mereka, Shantell, 33, seorang calon pekerja sosial dengan menghabiskan waktu berbulan-bulan di tepi tempat tidur ibunya.

Pambuan membuktikan berjalan perlahan tanpa bantuan kursi roda atau alat bantu bulevar, meskipun masih terhubung dengan oksigen tambahan.

Senin (21/12) menjadi bukti jika Pambuan lulus melawan Covid-19 selama delapan bulan di rawat di rumah rendah.

Sebagai perawat veteran ICU yang tugasnya merawat penderita paling kritis di rumah melempem di Long Beach, California, Merlin Pambuan sangat menyadari dirinya rentan terkena Covid-19.

(Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Tajam, Warga Jepang Diminta Pakai Masker di Dalam Rumah)

Sejak musim semi lalu, dia dirawat di unit perawatan intensif St. Mary Medical Center, tempat kerjanya selama 40 tahun terakhir. Kondisinya sempat kritis usai dirinya kolaps karena obat penenang yang membuat kelumpuhan. Dia pun harus tumbuh dengan bantuan ventilator untuk bernapas dan tube untuk makanan pun dipasangkan.

Kondisinya semakin kritis hari ke hari. Saking parahnya, keluarga sempat mendiskusikan simpulan hidupnya. Namun keajaiban pun berlaku. Pambuan menunjukkan peningkatan.

(sst)