200 Orang di Pasar Lubuklinggau Mengikuti Rapid Test Covid-19

LUBUKLINGGAU – Sebanyak 200 pedagang dan pengunjung Rekan Inpres Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, menjalani rapid test secara acak. Kegiatan ini digelar dalam Jumat 15 Mei, sekira jam 11. 00 WIB.

Wali Kota Lubuklinggau sekaligus ketua Gugus Tugas Covid-19 H SN Prana Putra Sohe mengatakan, mereka yang menjalani rapid test adalah pedagang, pengunjung, juru parkir, dan petugas keamanan.

Menyuarakan juga: Polri Sumbang 15. 170 APD dan Uang Rp1, 1 Miliar untuk Penanganan Covid-19 

“Pencegahan sejak dini. Lebih baik diketahui lebih mula jelasnya. Yang reaktif nanti mau diisolasi di rumah sehat, ” jelasnya.

Dalam penjagaan rapid test kali ini, tim medis mendapat pendampingan dan pengamanan dari Kodim 0406 serta Polres Lubuklinggau menggunakan pola hunting ke area pasar dengan thermo gun.

Ilustrasi rapid test. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa membaca bahwa TNI-Polri senantiasa siap mengiringi pelaksanaan rapid test untuk pencegahan persebaran virus corona.

“Anggota saya bersama anggota Kodim langsung mendampingi tim medis untuk mengecek seluruh warga pasar memakai thermo gun. Bila terdapat awak yang suhu tubuh di berasaskan 37 derajat Celsius, maka petugas akan langsung melakukan rapid test, ” ujarnya.

Baca juga: BIN Gelar Rapid Test Massal di Tangsel, 16 Positif dan 29 Reaktif Corona 

Selain tersebut, tim gabungan juga memberikan jalan kepada siapa saja untuk memeriksakan kesehatan dan mengikuti rapid test.

Dari hasil rapid test kali ini didapati sampel sebab 200 orang. Hasilnya belum dikonfirmasi. Namun bila ada yang reaktif akan dilanjutkan berupa swab test.

Salah seorang pengunjung pasar, Amri (38), mengaku berniat mengikuti rapid test ini buat mengetahui sehat atau tidak.

“Saya sengaja ikut biar lebih cepat tahu, ” introduksi Amri yang ternyata selama tersebut bekerja di Jakarta, namun sebulan terakhir pulang kampung karena tidak ada pekerjaan lagi.

(han)