11 Tenaga Medis Positif Corona, RSUD Panyabungan Ditutup

MANDAILING NATAL – Sebesar 11 tenaga medis di RSUD Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Pelayanan rumah sakit pun terpaksa ditutup.

Diduga, penularan corona di RSUD Panyabungan tersebut, berasal dari seorang dokter spesialis perut yang habis bepergian dari sungguh kota, dan dinyatakan positif Covid-19.

Bersandarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Madina, Sumatera Utara, tenggat Minggu (6/9/2020) jumlah penderita Covid-19 mencapai sebanyak 16 orang, & 11 di antaranya merupakan gaya medis di RSUD Payabungan.

Tenaga medis yang terpapar virus corona tersebut, sebagian besar merupakan tenaga medis yang bertugas di poliklinik kebidanan. Dokter spesialis kandungan yang sebelumnya berpergian keluar kota, dan dinyatakan nyata corona, memiliki kontak erta dengan tenaga medis di poliklinik kebidanan.

Walaupun dilakukan penutupan layanan kesehatan untuk sementara waktu, namun para pasien yang sudah terlanjur menjalani pelihara inap di RSUD Panyabungan, sedang tetap dilayani dengan mendatangkan tenaga medis dari luar RSUD Panyabungan.

Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution, telah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madina, memberikan bantuan tenaga medis sebab Puskesmas terdekat. “Tenaga medis sebab Puskesmas terdepat, kami minta diperbantukan di RSUD Panyabungan, ” ujarnya dilansir dari Sindonews. com, Minggu 6 September 2020.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Madina tersebut, selalu meminta RSUD Panyabungan, untuk tengah tidak menerima pasien rawat hidup dan rawat inap. Layanan dengan dibuka hanya gawat darurat sekadar.

(aky)